Cipta Anak

Setelah melampaui tahapan karya, yaitu kemampuan anak dapat menuangkan gagasan pada secarik kertas, keterampilan selanjutnya yang diharapkan ada pada diri anak adalah cipta.

Buah hati dapat membuat suatu cerita yang bermakna, tentu saja kita harus membantu mereka membuat kerangka karangan, menentukan tema, dan amanat dalam sebuah cerita. Apabila anak sudah mampu mencipta, maka pada tahapan ini nalar mereka sudah mulai berkembang. Orangtua dapat melanjutkan tahapan dari awal untuk mematangkan nalar mereka. Pada tiap penyelesaian, beri anak apresiasi dengan hadiah pinsil dan sebagainya. Buat evaluasi pembelajaran, mana yang dirasa kurang lalu butuh penguatan.

Panduan Mencipta

1. Menentukan tema

Bantu anak menemukan tema yang menarik bagi mereka. Cerita yang diangkat boleh pengalaman yang pernah mereka alami untuk memudahkan cerita.

2. Membuat Kerangka Karangan

Buat kerangka isi tiap paragraf yang terdiri dari satu kalimat utama (inti masalah) lalu ajarkan mereka membuat kalimat penjelasnya. Akhir paragraf berisi amanat, pesan atau kesimpulan cerita.

Contoh kerangka karangan

Tema: Pengalaman Naik Kereta Api

Paragraf 1
Liburan tahun lalu ayah mengajak kami sekeluarga merasakan pengalaman mudik menggunakan kereta.

Aku dan adik berebut melihat kepala gerbong.

Tertidur dan melihat orang lain tertidur di kereta.

Menikmati makanan dalam kereta dan berbagi

Amanat: Sekali-sekali bepergian menggunakan jenis kendaraan yang berbeda agar merasakan keseruan baru.

Contoh pengembangan kalimat dari kerangka karangan

Pengalaman Naik Kereta Api

Liburan tahun lalu ayah mengajak kami sekeluarga merasakan pengalaman mudik menggunakan kereta, hal itu dikarenakan menghindari kemacetan juga keinginan aku dan adik merasakan pengalaman baru karena biasanya kami menggunakan kendaraan pribadi. Ternyata seru sekali, aku dan adik berebut melihat gerbong kepala kereta pada jendela hal ini menunjukkan betapa panjangnya kereta yang kami naiki. Di kereta tak jarang orang yang tertidur begitu pula kami, dalam kereta bergoyang-goyang, kami seperti sedang diayun-ayun untuk tidur. Enaknya lagi, kami bisa menikmati bekal yang dibawa, juga senangnya berbagi bekal dengan orang lain di gerbong. Untuk itu teman-teman, ada baiknya kita mencoba hal baru untuk menambah pengalaman dan merasa kegembiraan melalui hal yang berbeda.

#30DWCjilid13 #Squad4 #Day28

Komentar